Tentang Ekonomi Pembagunan

Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Janabadra Yogyakarta memberi penekanan pendidikan pada pemberian dasar-dasar akademik yang kuat, pengembangan ilmu pengetahuan dan kemampuan dalam menganalisis permasalahan ekonomi dan dibekali keahlian soft skill yaitu penguasaan Information and Communication Technology (ICT) atau Tekonologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dan bahasa asing. Prodi Ekonomi Pembangunan FEB-UJB menyiapkan sarjana strata 1 (S1) untuk berkarier di pemerintahan daerah, perusahaan multinasional dan swasta nasional, peneliti ekonomi dan bisnis serta analis data. Kurikulum Prodi Ekonomi Pembangunan secara periodik dilakukan penyesuaian/peninjauan kurikulum untuk menyelaraskan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan perubahan lingkungan. Pada tanggal 15 Agustus 2018, Prodi Ekonomi Pembangunan FEB-UJB memperoleh Akrediditasi B berdasarkan SK BAN PT Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 2245/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2018.

SISTEM PERKULIAHAN SKS

Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem SKS (Satuan Kredit Semester) sebanyak 144 SKS dengan menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yakni mata kuliah Origin Prodi sebanyak 84 SKS, mata kuliah Transfer Luar Perguruan Tinggi (TLPT) sebanyak 20 SKS, mata kuliah Transfer Dalam Perguruan Tinggi (TDPT) sebanyak 20 SKS dan Skema Belajar Luar Kampus sebanyak 20 SKS.

Bidang keahlian

Memiliki kemampuan menganalisis, merancang dan menyusun program kajian-kajian Ekonomi Pembangunan terutama pada aspek pembangunan Ekonomi Desa serta Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

PROSPEK LULUSAN

Perusahaan BUMN dan Swasta

Konsultan Ekonomi

Pemerintah Daerah

Wirausahawan